Home
news
Perkenalkan Layanan Perpustakaan kepada Mahasiswa Baru dengan Pameran Perpustakaan

Perkenalkan Layanan Perpustakaan kepada Mahasiswa Baru dengan Pameran Perpustakaan


Rabu, 2017-09-20 - 10:20:21 WIB

Madiun, 20 September 2017. Pada Momen Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) Universitas Merdeka Madiun, Perpustakaan Universitas Merdeka Madeiun menyelenggarakan pameran perpustakaan dengan tajuk “ Gerakan Ayo Membaca” dan Free Photo Both untuk memperkenalkan layanan perpustakaan kepada mahasiswa baru supaya mereka mengetahui, dan memahami tentang keberadaan perpustakaan di kampus mereka berikut fungsi dan berbagai macam jenis layanannya.

Sering kali mahasiswa kurang memahami tentang layanan perpustakaan sehingga perlu bagi pustakawan untuk memperkenalkan berbagai jenis layanan perpustakaan kepada calon pemustaka baru di lingkungan kampus UNMER. Supaya dikemudian hari apabila mahasiswa mempunyai keperluan untuk mencari informasi di perpustakaan mereka sudah tidak bingung lagi dalam memanfaatkan layanan perpustakaan. Jenis layanan perpustakaan yang harus dipahami dan dimengerti pemustaka antara lain: Layanan sirkulasi yaitu layanan tempat meminjam dan mengembalikan buku, serta untuk mendaftar sebagai anggota perpustakaan, kemudian layanan penelusuran informasi yaitu layanan dimana pemustaka bisa secara mandiri mencari koleksi perpustakaan yang mereka butuhkan dengan menggunakan OPAC (Online Access Public Catalogue), serta layanan referensi dimana pemustaka akan dilayani oleh pustakawan dalam mencari koleksi referensi seperti skripsi, thesis, jurnal maupun laporan penelitian karena layanan referensi di perpustakaan UNMER Madiun menggunakan system tertutup (closed Access).

Pada kegiatan pameran perpustakaan ini, pustakawan melayani pendaftaran anggota dan juga melayani pertanyaan-pertanyaan calon pemustaka baru terkait semua jenis layanan perpustakaan dan fasilitas yang berhak dimanfaatkan oleh mahasiwa. Dan yang menarik pada kegiatan ini ialah pustakawan memberikan space photo both yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh pengunjung pameran perpustakaan, yang dilengkapi dengan property foto kekinian. Ide ini dilakukan untuk menarik minat pengunjung pameran agar mendapat kesan bahwa Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun tidak hanya sebagai pemberi layanan informasi akan tetapi juga memiliki fungsi rekreasi. Di acara tersebut pustawkan juga memerkan koleksi perpustakaan yang bersifat hiburan seperti novel, dan pengetahuan umum.

Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menarik minat kunjung mahasiswa ke perpustakaan guna kemajuan layanan perpustakaan.

GALERI KEGIATAN

Share Berita


Komentari Berita